7 Khasiat Rutin Mengonsumsi Daun Labu Siam, Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh di Masa Pandemi

Pucuk daun labu siam

Labu siam merupakan salah satu buah sayuran yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia karena khasiatnya untuk kesehatan. Tak hanya buahnya saja, daun dari labu siam juga bisa diolah menjadi olahan sayuran yang bermanfaat bagi tubuh.

Biasanya sayuran ini dolah menjadi hidangan masakan seperti Sayur Bobor, yang dicampur dengan buah labu siamnya juga. Selain itu, pucuk labu siam juga bisa dijadikan sebagai lalapan rebus atau sayuran untuk urap-urap, pecel, dan gulai. Bentuknya yang unik membuat daun labu siam sangat mudah dikenali.

Baca Juga:

Daun labu siam mengandung protein, karbohidrat, serta beberapa mineral penting seperti fosfor, kalsium, dan zat besi. Tak hanya itu, pucuk dari daun labu siam juga mengandung vitamin A dan C yang bagus untuk kesehatan tubuh.

Nah dibalik kandungan nutrisi yang ada pada daun labu siam, lalu apa saja manfaatnya?. Simak yuk agar tau.

  1. Menyehatkan mata

Maanfaat yang pertama yakni untuk sehatkan mata. Daun labu siam diklaim dapat membuat mata lebih sehat karena kandungan vitamin A nya yang bisa mencegah degenerasi sebagian bagian mata.

Degenerasi makula dapat menyebabkan gangguan pada penglihatan orang yang sudah tua. Oleh sebab itu, mengonsumsi daun labu siam sejak dini dapat mengurangi resiko pemicu degenerasi.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Di masa pandemi covid-19 banyak orang yang berlomba-lomba mengonsumsi makanan yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak mudah tertular virus.

Daun labu siam dipercaya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kandungan zat besi yang ada didalamnya. Kandungan zat besi yang ada pada labu siam tersebut bisa melawan virus dan penyakit.

Selain itu, kandungan vitamin A dan C yang ada pada daun labu siam juga sangat penting dalam meningkatkan sistem imun tubuh terhadap infeksi. Tak hanya mencegah kuman, kandungan vitamin tersebut juga bisa membantu melawawn infeksi sesudah kuman masuk ke dalam tubuh.

  1. Mengatasi Anemia

Daun labu siam mengandung zat besi yang berkhasiat untuk atasi anemia. Orang yang kekurangan zat besi akan lebih berisiko terkena anemia. Oleh sebab itu, mengonsumsi daun labu siam berguna untuk atasi anemia defisiensi besi.

  1. Mengatasi Insomnia

Kandungan zat besi yang ada pada daun labu siam berperan penting dalam atasi insomnia atau susah tidur. Selain itu, mengonsumsi daun labu siam juga dapat membuat kualitas tidur lebih baik dengan cara mengatur ritme sirkadian.

Jumlah sel darah merah yang cukup membuat fluktuasi tekanan darah membaik yang bisa membuat seseorang terjaga di malam hari.

  1. Mengurangi Jerawat

Selain untuk kesehatan, daun labu siam juga mempunyai peran penting untuk menyehatkan kulit. Khususnya mengurangi resiko timbulnya jerawat karena kandungan vitamin A nya yang berperan penting dalam menguatkan perlindungan kulit.

  1. Mencegah Kanker Kolon

Berbagai macam mineral yang ada pada daun labu siam juga bisa menjadi solusi penting dalam mencegah kanker. Mengonsumsi daun ini bbisa mengurangi resiko adenoma dan juga tumor non maligna pada usus besar.

  1. Mengobati diabetes

Bagi penderita diabetes mengonsumsi daun labu siam juga bisa dijadikan sebagai pengobatan herbal. Hal tersebut karena efek hipoglikemik yang bisa membantu menurunkan kadar gula darah yang ada pada tubuh.

Nah, itu dia beberapa manfaat dari daun labu siam. Semoga artikel yang saya buat bisa memberikan manfaat bagi banyak orang.

Leave a comment