Fakta Unik dan Menarik Tentang Buah Apel, Ternyata ada Lebih dari 8 Ribu Varietas Apel

Buah apel

Banyak dari kalian pasti sudah tau tentang buah yang satu ini, apel merupakan jenis buah-buahan berwarna merah yang siap untuk dimakan tanpa dimasak, namun ada juga apel lain yang berwarna hijau atau kuning. Apel mempunyai ciri kulit buah yang lembek, daging buah yang keras dan terdapat biji di dalam daging buah apel.

Baca Juga:

Pastinya banyak dari kalian yang sudah tau mengenai beberapa ciri-ciri diatas, namun tahukah kamu mengenai beberapa fakta unik dan menarik mengenai buah apel?. Penasarankan, yuk simak untuk tau !

  1. Kulit apel yang bermanfaat

Tahukah Anda bahwa sebenarnya kulit dari buah apel mempunyai manfaat. Pada satu buah apel dengan ukuran sedang dengan kulitnya mengandung sekitar 95 kalori, 25 gram karbohidrat, dan 0,5 gram protein. Buah apel juga mengandung 4 gram serat serta 0,4 gram lemak yang bagus untuk pencernaan. Seluruh kandungan yang ada pada buah dan kulit apl setidaknya bisa memenuhi 14 persen kebutuhan konsumsi vitamin C yang disarankan.

  1. Buah apel mengapung

Banyak dari kalian pasti tidak tau bahwa sebenarnya buah apel bisa mengapung ketika dimasukkan ke dalam air, apel tidak akan tenggelam akan tetapi akan melainkan mengapung. Fenomena tersebut bisa terjadi karena kandungan 25 persen udara yang ada pada buah apel. Kadar udara membuat buah apel menjadi kurang padat, sehingga buah apel bisa mengapung jika dimasukkan ke dalam air.

  1. Ada lebih dari 8 ribu varietas apel

Hingga saat ini varietas apel diketahui mencapai lebih dari 8 ribu, dengan begitu buah apel bisa dikatakan buah dengan varietas terbanyak di antara jenis buah lainnya.

Setiap varietas apel mempunyai ukuran dan warna kulit buah yang berbeda-beda. Mulai dari ukuran yang sedikit lebih besar dari buah ceri hingga berukuran sebesar jeruk bali. Buah apel juga mempunyai kulit yang beragam seperti, warna kuning, merah, hijau.

  1. Umur pohon apel

Pada umumnya pohon apel membutuhkan kurang lebih empat hingga lima tahun untuk menghasilkan buah pertamanya. Namun tahukah Anda bahwa ada pohon apel yang bisa hidup hingga berumur lebih dari 100 tahun.

  1. Bagian tengah apel bisa dikonsumsi

Biasanya kebanyakan orang tidak akan mau untuk mengonsumsi apel hingga ke bagian tengah. Padahal sebenarnya bagian tengah tersebut bisa dikonsumsi. Namun, Anda tidak dianjurkan untuk mengonsumsi buah apel hingga bijinya, karena biji apel diketahui mengandung racun mematikan bernama Cynaide. Tetapi jangan khawatir, racun tersebut sulit dicerna oleh tubuh manusia dan membutuhkan sekitar 200 piji apel atau 20 buah apel agar berpengaruh bagi kesehatan tubuh.

  1. Buah apel terbesar

Pada umumnya buah apel berukuran sedang mempunyai berat 15 Ons. Namun, ada varietas buah apel yang mempunyai ukuran yang lebih besar dibandingkan apel pada umumnya. Buah apel tersebut ditemukan di Negara Jepang tercatat dengan berat mencapai 1,849 kilogram.

Cukup sekian bahasan mengenai fakta unik buah apel dan sampai jumpa kembali di artikel-artikel berikutnya.

Leave a comment