Wajib Anda Tau, Jenis Pakan Ikan Untuk Metode Aquaponik!

Pakan Untuk Aquaponik

Pastinya ikan yang berada dalam instalasi akuaponik memerlukan pakan untuk menunjang pertumbuhannya. Bukan hanya itu, sisa pakan bisa berfungsi menambah zat yang baik untuk tanaman sesudah mengalami proses penguraian. Ini beberapa jenis pakan ikan akuaponik yang dapat digunakan dan mampu menyesuaikan dengan jenis ikan yang dipilih.

Pakan Jadi (Pelet)

Pakan jadi berupa pelet memiliki ukuran yang disesuaikan dengan ukuran bukaan mulut ikan dan mudah untuk didapatkan di toko penyedia pakan ternak atau toko ikan. Saat membeli pakan pelet, pembudidaya harus menyebutkan umur ikan agar pakan yang diberikan sesuai dengan umurnya.

Pakan Alami

Selain pakan jadi berupa pelet yang mudah dijumpai di toko, Anda dapat menggunakan pakan alami berupa hayati atau hewani. Pakan alami memiliki harga relatif lebih murah sehingga dapat menghemat biaya produksi.

Berikut ini beberapa jenis sumber hayati dan hewani yang digunakan sebagai pakan alami. Azolla pinnata (kiambang/paku air) mengandung 31,25 persen protein, 7,5 persen lemak, 6,5 persen karbohidrat, gula terlarut 3,5 persen, dan serat kasar 13 persen. Tanaman azzolla mengandung protein yang cukup tinggi dikarenakan simbiosis mutualisme dengan ganggang hijau biru.

Baca Juga:
Tingkatkan Vigor Benih Tanaman dengan Teknik Ini, Mau Tau!
Manfaat Dibalik Kandungan Gizi Jamur Tiram yang Belum Anda Tau!
Tak Hanya Tanah, Ternyata Batu Split Bisa Dijadikan Media Tanam Loh!

Pakan alami ini sudah banyak digunakan oleh para pembudidaya akuaponik sebagai penambah nutrisi yang kaya serat untuk ikan nila dan gurami. Jenis pakan alami ini juga sering dijadikan sebagai bahan utama pembuatan pakan ikan.

Selanjutnya adalah cacing, pakan ikan yang satu ini merupakan jenis pakan yang sangat mudah untuk ditemukan. Kandungan protein cacing tanah sangat tinggi, mencapai 76 persen. Selain itu, cacing tanah juga kaya akan asam amino, karbohidrat, lemak, dan abu.

Penggunaan cacing sangat bermanfaat untuk menghemat biaya pakan. Pasalnya, kehadiran cacing tanah dapat dipancing dengan air kolam yang mengandung kotoran ikan, yang merupakan pakan bagi cacing. Caranya dengan menyiram air kolam ke tanah, cacing otomatis akan berdatangan.

Ayo bergabung di Fanpage kami “Pertanian & Perkebunan” agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, caranya dengan klik DISINI

Terakhir adalah magot (larva lalat tentara/black soldier fly hermetia illucens). Larva tentara ini dapat dijadikan sebagai pakan untuk ikan patin, nila merah, nila hitam, ikan mas, toman, gabus, dan arwana.

Pemakaian larva lalat pada ikan nila mampu menghemat biaya pakan hingga 50%. Pemakaian larva dilaksanakan dengan mengombinasikan dengan pakan komersial dengan perbandingan sekitar 50:50. Dengan ramuan pakan ini mampu meningkatkan laju pertumbuhan dan menurunkan biaya pakan.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai “Wajib Anda Tau, Jenis Pakan Ikan Untuk Metode Aquaponik!” dapat berguna dan bermanfaat.

Bagi Anda yang sedang memerlukan Paranet untuk proses budidaya, kami menyediakan dan melayani pemesanan Plastik Pertanian & Perkebunan dengan harga murah serta bahan yang berkualitas. Info harga produk klik DISINI dan pemesanan silakan hubungi kami melalui SMS/WA/CALL pada hari dan jam kerja pukul 08.00-16.00 WIB (Minggu dan Hari Besar TUTUP) di 0812.3258.4950 | 0877.0282.1277 | 0852.3392.5564 | 031–8830487
Atau chat Admin kami dengan klik salah satu link berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s